Minggu, 24 Oktober 2010

Alam Barzah

Alam Barzah adalah alam diseberang makam, setelah manusia meninggalkan dunia fana ini. Alam ini merupakan awal dari Alam Akhirat. Alam Barzah disebut juga dengan alam kubur. Alam ini “ghaib” seperti Alam Roh. Oleh karena itu, tidak mungkin orang menyelidikinya. Satu-satunya informasi yang boleh wajib dipegang adalah Wahyu Ilahi.baik berupa surah Al Quran maupun hadist shahih. Bahwa alam Barzakh itu berada di seberang makam, dalilnya :
Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata : Ya Tuhanku, kembalikanlah aku (ke duina).
“Agar aku berbuat amal yang saleh dalam hal yang telah aku lalaikan”. Sekali kali tidak; sesungguhnya itu adalah (sekedar perkataan yang diucapkannya saja. Dan dihadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan”.
(Surah Al Mu’Minun, ayat : 99 dan 100).
Dalam sebuah hadist , Rasullullah mengajarkan doa kepada umatnya :
Allah umma, aku mohon kepadaMu perlindungan dari kekufuran dan kefakiran dan aku berlindung kepadaMu dari azab kubur . tidak ada Tuhan melainkan Engkau.” (H.R. Abu Daud).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar